Conference UAD, Seminar Nasional Quantum 2016

Font Size: 
Pemanfaatan Applikasi Smartphone Android sebagai Media Belajar Fisika
Khairil Anwar, Dadi Rusdiana, Ida Kaniawati, Sparisoma Viridi

Last modified: 2017-05-31

Abstract


Umumnya peserta didik telah menggunakan produk smartphone dan aplikasinya, namun masih jarang dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran fisika, misalnya untuk mempelajari fenomena gelombang dan bunyi. Dalam makalah ini akan dijelaskan beberapa fitur, fungsi, dan rancangan operasional applikasi pembangkit dan penganailsis sinyal untuk pembelajaran konsep gelombang dan bunyi. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan studi kasus pada applikasi pembangkit dan penganalisis sinyal gelombang dan bunyi, hingga menyusun langkah operasional dalam rancangan aktivitas pengajaran dan pembelajaran. Berdasarkan uraian hasil studi di atas, disimpulkan bahwa applikasi pembangkit sinyal dan penganalisis sinyal berbasis smartphone android memiliki bagian dan fitur-fitur yang dapat difungsikan sebagai alat pembelajaran dan pengajaran fisika konsep gelombang dan bunyi untuk sistem akuisisi data yang praktis, efisien, dan efektif karena dapat merepresentasikan fenomena gelombang dan bunyi secara audio, visual, dan matematis yang dapat diterapkan melalui rancangan aktivitas pembelajaran berbasis penyelidikan classroom.

References


Andika, Pengembangan eksperimen bunyi pada pipa organa dengan sistem akuisisi data berbasis smartphone android, Sarjana. skripsi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 2015.

M. Ahmad, Sejarah dan Pengembangan Sistem Operasi Android, 2013. Website: http://bebmen.com/5114/mengenal-sistem-operasi-android.html, diakses tanggal 3 Juni 2014.

D. C. Giancoli, Fisika, Jakarta, Erlangga, 1998.

E. R. Huggins, Fourier analysis in introductory physics, the physics teacher, vol. 45. N0. 26, Januari 2007.

P. G. Hewitt, Conceptual physics, seventh edition. City College of San Francisco: Harper Collins College Publishers, 1993.

R. Hidayat, Eksperimen gelombang dengan bantuan PC/Laptop sound card. Pelatihan Perancangan Alat Percobaan Fisika, LFD-ITB dan HFI, Bandung (2010), p. 2-3.

Hirt, M. Grober, S. Kuhn, J. Muller and Andreas, Harmonic resonances in metal rods easy experimentation with a smartphone and tablet PC, American Association of Physics Teachers, American, 2016, p 163-167.

S. Imam, Analisis triad DMayor pada gitar sakustik, Sarjana. Skripsi, UNY, Yogyakarta, 2005.

J. Khun, & P. Vogt, (2013). Analyzing acoustic phenomena with a smartphone microphone. The Physics Teacher, Vol. 51. February 2013.

Larry, Klingenberg, Frequency domain using excel. San Francisco State University School of Engineering, 2005.

A. Mikrajudin, Fisika Dasar 1. Institut Teknologi Bandung, 2016.

Nelkon, & Parker, Advanced level physics, third edition with SI units. Heinem Education Book, Ltd, 1975.

M. Primo, et al, Impact of undergraduate science course innovations on learning. Education Forum Science, Vol.331. March 2011.

M. R. Petersen, Musical analysis and synthesis in matlab. The college mathematics journal, vol.35. N0.5, November 2004.

J. G. Proakis, dan D. G. Manolakis, Pemrosesan sinyal digital, prinsip-prinsip, algoritma, dan aplikasi, edisi bahasa indonesia jilid 1. Jakarta : PT. Prenhallindo, 1997.

R. A. Serway, dan J. W. Jewett, Fisika untuk sains dan teknik, Jakarta, Salemba Teknika, 2009.

P. A. Tipler, Fisika untuk sains dan teknik jilid 1. Erlangga : Jakarta, 2001.

H. Tanudjaja, Pengolahan sinyal digital dan sistem pemrosesan sinyal. Yogyakarta : Andi, 2007.

Y. Purwiyantini, M. P. Aji, Sulhadi, Analisis akustik alat musik rebana. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, Prodi Pendidikan Fisika dan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, vol. V, Oktober 2016.

A. Yavuz, Measuring the speed of sound in air using smartphone applications. IOP Science Publishing Ltd, 128.122.253.212, 2015.

MicTester : www.optivelox.com.

T. Gruber, Function Generator PRO, www.syclabs.com, 2015.

Oxford Wave Research, Spectrum View Frequency Analysis iOS App, www.oxfordwaveresearh.com, 2015.


Full Text: PDF